Peringatan Hari TB (Tuberculosis) Dunia 2017

Semarang, 27 Maret 2017. Himpunan Mahasiswa (HIMA) Analis Kesehatan Poltekkes Semarang beserta Civitas Akademika menyelenggarakan kegiatan dalam rangka Hari TB (Tuberculosis) Dunia 2017. Kegiatan bertema Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas TB ini berlangsung di Jalan Pahlawan Semarang pada hari Minggu, 26 Maret 2017 bersamaan dengan Car Free Day Semarang. Mendung pagi itu tak menyurutkan semangat mahasiswa Analis Kesehatan, melalui aksi TOSS TB (Temukan Tuberculosis Obati Sampai Sembuh di Keluarga) mereka mengobarkan semangat kepedulian terhadap tuberculosis kepada masyarakat.

Gerakan masyarakat melalui langkah, tindakan, perilaku melalui kegiatan yang aktif dan massive dilakukan bersama-sama seluruh lapisan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran terkait penanggulangan TB, menemukan kasus sejak dini, memberikan penjelasan dan pengertian tentang bahaya TB dan mendorong pasien TB untuk rutin berobat sampai tuntas proses penyembuhannya. Harapannya kita warga Indonesia dapat terbebas dari penyakit Tuberculosis di tahun 2035.

Bentuk kegiatan yang dilakukan oleh HIMA Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang bertujuan untuk mempromosikan pentingnya menangani kasus TB secara komprehensif lewat Promosi Kesehatan. Salah satu bentuk promosi kesehatan yang telah dilakukan adalah Penyuluhan TB  di kawasan Simpang Lima Semarang berbaur dengan keramaian Car Free Day Minggu pagi. Kegiatan penunjang lainnya adalah pemeriksaan kesehatan murah (pemeriksaan glukosa dan asam urat) dan penyuluhan kesehatan untuk para pengunjung Car Free Day. Kegiatan ini diharapkan akan terus berkembang dengan cara bekerja sama dengan instansi terkait terutama dalam upaya menemukan kasus tuberculosis (TB) sejak dini agar dapat segera ditangani dan diobati sampai tuntas.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *