Kunjungan Laboratorium ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

Mahasiswa tingkat I semester 1 DIII Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang pada hari Selasa 6 Desember 2016 mengadakan kunjungan laboratorium untuk mata kuliah Praktik Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Patient Safety ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta. Rombongan berangkat dari kampus 3 pada pukul 05.00 WIB didampingi oleh dua dosen pendamping, Rachmad Bayu Kuncara, SST dan Cahyo Hunandar, SKM, M.Kes.

DSC_1653DSC_1601

Sesampainya di BBTKLPP rombongan disambut oleh Kepala BBTKLPP (Dr. Hari Santoso, SKM, M.Epid, MH.Kes) beserta jajarannya. Dalam kunjungan tersebut disampaikan materi tentang tugas pokok dan fungsi Kantor BBTKLPP Yogyakarta serta kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan. Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan kunjungan peserta ke laboratorium di BBTKLPP.

DSC_1590

Kunjungan yang dilakukan ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan sangat banyak manfaatnya. Kita dapat mengetahui pekerjaan profesi seorang analis, dan menambah wawasan tentang laboratorium. Pada saat kita bekerja di laboratorium maka kita harus memakai alat pelindung diri dan kita harus berhati-hati. Kita juga harus mengetahui potensi bahaya dari masing-masing laboratorium. Fasilitas yang disediakan di setiap laboratorium juga berbeda. Alat pelindung diri berfungsi untuk mencegah kita dari bahaya yang ditimbulkan misalnya tumpahan bahan kimia, kebakaran dll.

Alat pelindung diri yang digunakan disetiap laboratorium berbeda-beda. Secara umum APD yang digunakan yaitu handscoon, masker, dan jas laboratorium. Namun disetiap laboratorium mempunyai alat pelindung khusus untuk mencegah paparan zat kimia maupun untuk mencegah terjadinya kontaminasi. Alat pelindung diri terdiri dari jas laboratorium, masker, handscoon, biosafety cabinet, lampu uv, earphone, sabuk pengaman dan baju khusus, topi pengaman, sepatu boat, kaca mata, lemari asam, blower, safety shower, eye washer, dan alat pemadam api ringan. Mengetahui dan menyadari pentingnya penggunaan APD dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan dapat menjaga keselamatan kerja.

You may also like...