WORKSHOP EVALUASI KEGIATAN 2016 DAN PERSIAPAN PBM 2017 BERBASIS HELTI SISTEM

Ungaran–Semarang. Mengakhiri tahun anggaran 2016 dan menyambut Proses Belajar Mengajar (PBM) semester genap 2016/2017 Jurusan DIII Analis Kesehatan Poltekkes Semarang menyelenggarakan workshop bertempat di Balemong Resort, Ungaran tanggal 13-14 Januari 2017.
Wokshop diikuti 18 orang peserta terdiri tenaga kependidikan, dosen dan tenaga administrasi dari jumlah total 21 orang staf. Dalam pengarahannya, Sugiyanto, SPd,M.App.Sc selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, Beliau menekankan bahwa dalam menyelesaikan suatu pekerjaan (di Institusi) yang terpenting perlunya kerjasama tim yang “solid dan bagus serta kerja keras. Jumlah orang yang banyak “tidak menjadi jaminan” akan bagus dalam mencapai hasil atau tujuan dibanding dengan kekompakan dalam team work. Disela pengarahan ditayangkan 3 video berdurasi pendek untuk pencerahan berisi topik tentang : “Usaha/kerja keras pantang menyerah,  team work yang bagus dan team work yang tidak bagus”.

Suasana workshop Jurusan DIII Analis Kesehatan di Balemong Resort Ungaran

Pengarahan Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang dalam acara workshop

Selesai pengarahan diserahkan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Jurusan Analis Kesehatan sebagai Laporan Akuntabilitas di tingkat Jurusan dalam rangka pencapaian visi dan misi organisasi sesuai Rencana Kinerja yang telah ditetapkan. LAKIP juga sebagai pertanggungjawaban Jurusan Analis Kesehatan kepada Direktur Poltekkes Semarang dan seluruh stakeholders yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan pendidikan kesehatan sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. LAKIP diterbitkan sesuai Instruksi Presiden nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Penyusunan LAKIP juga dimaksudkan sebagai perwujudan Instruksi Presiden nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi.

Penyerahan secara simbolik LAKIP 2016 dan RKT 2017 Jurusan DIII Analis Kesehatan kepada Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang.

LAKIP Jurusan DIII Analis Kesehatan Poltekkes Semarang Tahun 2016 diharapkan dapat memberikan informasi, gambaran dan manfaat yang nyata, akurat, relevan dan transparan kepada masyarakat, begitu juga pihak-pihak yang berkepentingan dibangun dalam rangka upaya mewujudkan good governance dan sekaligus result oriented government.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa Jurusan DIII Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang telah dapat merealisasikan program dan kegiatan tahun 2016 untuk mencapai sasaran sebagaimana tercantum dalam Rencana Strategis Jurusan DIII Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang tahun 2014 – 2018. Pelaksanaan kegiatan tidak lepas dari hambatan dan kendala, beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan tahun 2016 telah diberikan usul dan pemecahan masalah.

Keberhasilan yang telah dicapai di tahun 2016 merupakan titik awal untuk melanjutkan pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dicanangkan pada periode berikutnya dan sekaligus menjadi barometer agar kegiatan di masa mendatang dapat dilaksanakan secara lebih efektif dan efisien. Sedangkan segala kekurangan dan hal-hal yang menghambat tercapainya target diharapkan dapat dicari solusi serta diselesaikan dengan mengedepankan profesionalisme dan kekeluargaan di lingkungan Jurusan DIII Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang.

Menyongsong tahun anggaran baru disusunlah Rencana Kerja Tahunan (RKT) Jurusan DIII Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang tahun 2017. Rencana Kinerja Tahunan Jurusan DIII Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang tahun 2017 merupakan suatu dokumen yang dipersyaratkan dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dimulai dari perencanaan strategis dan diakhiri dengan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP).

Tujuan penyusunan RKT adalah sebagai berikut :

  1. Menyediakan petunjuk arahan penetapan kinerja (PK) Jurusan DIII Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Semarang
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas, ketertiban, transparansi serta akuntabilitas Jurusan DIII Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
  3. Sebagai Sarana monitoring dan evaluasi periodik kegiatan Jurusan DIII Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang selama tahun 2017

Berpedoman pada dokumen Rencana Kinerja Tahunan (RKT) ini diharapkan pelaksanaan kegiatan di Jurusan DIII Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang sesuai dengan rencana sehingga berjalan efektif, efisien, terukur, dan lebih terarah serta dapat dilaksanakan/dijabarkan dalam petunjuk teknis dan disosialisasikan secara intensif sehingga didukung oleh seluruh civitas akademika. Rencana ini bukanlah sesuatu yang tidak dapat berubah, setiap tiga bulan akan dikaji dan dievaluasi relevansinya tergantung situasi dan kondisi. Kunci keberhasilan pelaksanaan RKT ini pada hakekatnya ditentukan oleh empat faktor, yaitu: (1) komitmen segenap civitas akademika, (2) atmosfir akademik yang kondusif, (3) disiplin, serta (4) tingginya budaya mutu.

Proses pengisian materi ke dalam aplikasi HELTI oleh peserta workshop.

Seiring kemajuan Teknologi dan Informasi dalam bidang pendidikan, Poltekkes Kemenkes Semarang telah menerapkan suatu sistem yang dapat memproses kegiatan PBM secara on-line. Salah satu yang digunakan adalah aplikasi HELTI (Health Education based on e-Learning and Training Intensive), yaitu suatu aplikasi e-learning atau pembelajaran on-line untuk memudahkan proses PBM. (syd 2017)

Foto Bersama Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang (depan tengah) dengan seluruh peserta workshop Jurusan DIII Analis Kesehatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *