Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi (Sistem Informasi Laboratorium) 2018

(Kampus III, Semarang) – Dibutuhkan cara untuk memperbaiki efisiensi dan kualitas sistem pelayanan kesehatan pada negara berkembang seiring bertambahnya populasi manusia. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah diidentifikasi sebagai salah satu cara untuk memperbaiki kualitas sistem pelayanan kesehatan disamping juga perbaikan pada efisiensi dan kualitas pekerja kesehatan dimana keduanya sama-sama dibutuhkan di negara sudah berkembang dan sedang berkembang saat ini. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet saat ini sangat mempengaruhi gaya hidup manusia, salah satunya adalah blog yang merupakan salah satu fasilitas dari pemanfaatan internet. Media ini sangat banyak sekali digunakan di setiap bidang kehidupan salah satunya di bidang kesehatan. Demi meningkatkan kualitas lulusan DIII Analis Kesehatan Poltekkes Semarang khususnya dalam Teknologi Informasi (Sistem Informasi Laboratorium) maka pada tanggal 26-28 April 2018 diselenggarakan pelatihan Teknologi Informasi di auditorium Kampus III Poltekkes Kemenkes Semarang. Pelatihan ini diampu oleh Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Budiman Semarang bekerja sama dengan Laboratorium RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang (RSUD Kota) dan Setya Wijayanta, S.T, M.Kes (Unit Informasi dan Teknologi Poltekkes Kemenkes Semarang) yang mengisi pelatihan tentang penggunaan aplikasi Sistem Informasi Laboratorium menggunakan CMSM serta pelatihan pembuatan blog dengan wordpress. 

IMG_20180426_082459 IMG-20180427-WA0024

 

 

Sistem Informasi Laboratorium (SIL) adalah prosedur sistematik untuk mengumpulkan, menyimpan, mempertahankan, mengolah, mengambil dan memvalidasi data yang dibutuhkan oleh laboratorium klinik tentang kegiatan pelayanannya untuk pengambilan keputusan manajemen. (Wolper, Lawrence F, 2001). Adapun manfaat dari Sistem Informasi adalah:

  1. Penghematan Waktu
  2. Penghematan Biaya
  3. Menghindari Duplikasi Pekerjaan
  4. Memperpendek Proses
  5. Keakuratan Data
  6. Memudahkan dalam Pelaksanaan

Sedangkan Software CMSM (Complete Medical Software Management) merupakan piranti lunak (software) komputer yang melingkupi beberapa bidang seperti registrasi, rekam medis, laboratorium, personalia, apotik dan akuntansi, secara terintegrasi dan realtime.

IMG_4866 IMG_4875

Pelatihan Pembuatan Blog dengan WordPress

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet saat ini sangat mempengaruhi gaya hidup manusia, salah satunya adalah Blog yang merupakan salah satu fasilitas dari pemanfaatan internet. Media ini sangat banyak sekali digunakan di setiap bidang kehidupan salah satunya di bidang kesehatan. Blog atau web blog adalah catatan pribadi yang dapat ditulis di internet, berisi berupa informasi dan sering di update oleh penggunanya secara kronologis (menurut waktu) blog bisa dikatakan sebagai buku harian. Namun perbedaannya blog dapat dibaca oleh siapa saja, tulisan blog dapat berupa fokus pada satu bidang informasi saja, misal seperti politik, budaya, teknologi, olahraga, pendidikan dll. Disamping itu blog juga bisa berupa jurnal pribadi yang berisi tentang kisah seseorang yang mempunyai blog tersebut pada kehidupan sehari-hari. Penyedia jasa blog sangat banyak seiring dengan perkembangan penyedia jasa blog. Awalnya, blog diperkenalkan oleh blogger.com (dari google) dan sekarang mulai menyusul penyedia jasa blog gratis lain seperti:

  • www.blogger.com
  • www.wordpress.com
  • www.blogdetik.com (Indonesia)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *