Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPSM 2017)

Perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan formal yang mengemban amanah untuk menciptakan masyarakat akademik yang cakap ilmu dan menjadi agen perubahan sosial (agen of social change). Perguruan tinggi juga secara formal merupakan pendidikan lanjutan yang mempunyai perbedaan cukup mendasar dengan pendidikan formal sebelumnya yaitu pendidikan menengah yang terdiri dari pendidikan menengah umum dan pendidikan menengah kejuruan baik yang berbentuk Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah Keagamaan. Sebelum dilaksanakannya Proses Belajar Mengajar (PBM) di sebuah perguruan tinggi biasanya akan dilaksanakan Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPSM) terlebih dahulu. Pelaksanaan kegiatan PPSM dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai lingkungan kampus seperti ruang kelas, perpustakaan, ruang laboratorium serta tempat lainnya. Selain itu mahasiswa baru juga diberikan gambaran tentang proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh jurusan, aturan dan norma etika mahasiswa serta hak dan kewajiban mahasiswa selama menempuh pendidikan di Poltekkes Kemenkes Semarang.

Kegiatan PPSM terdiri dari Pra PPSM Jurusan, Pra PPSM kampus pusat, PPSM, Welcome Party (Penyambutan Mahasiswa Baru), Persiapan Pembelajaran Jurusan Analis Kesehatan dan NMA. Pada dasarnya kegiatan ini bermaksud untuk memberikan penyambutan kepada mahasiswa baru, pengenalan program studi, sosialisasi organisasi-organisasi, sosialisasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), sistem kurikulum (pengisian KRS) dan semua yang berkaitan dengan Poltekkes Kemenkes Semarang khususnya Jurusan Analis Kesehatan. Selain itu, kegiatan PPSM ini juga merupakan wahana perkenalan awal antar sesama mahasiswa baru sehingga dapat lebih mempererat tali persaudaraan dan juga sebagai orientasi penyadaran mahasiswa sebagai insan akademik yang memiliki tanggung jawab sosial sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

     

Bertempat di Kampus 3 Poltekkes Kemenkes Semarang di hari Jumat, 18 Agustus 2017 diselenggarakan kegiatan Pengenalan Program Studi Mahasiswa 2017 dengan mengangkat tema “Prasetya Ulah Bhakti Kasarasaning Praja”. Makna dari tema tersebut adalah janji mengabdi untuk kesehatan negara.

Tujuan kegiatan PPSM : 

  • Mengenal dan memahami lingkungan kampus 3 Poltekkes Kemenkes Semarang khususnya Jurusan Analis Kesehatan Semarang.
  • Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus 3 Poltekkes Kemenkes Semarang khususnya Jurusan Analis Kesehatan Semarang.
  • Mengenalkan organisasi serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampus 3 Poltekkes Kemenkes Semarang.
  • Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib dan dinamis.

(HIMA_TLM)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *