Kegiatan Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan (HIMA – Divisi Pengabmas)

Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela atau pengganti untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah yang kemudian digunakan untuk transfusi darah. Mendonorkan darah bukan hanya bukti bahwa anda peduli terhadap sesama, tetapi mendonorkan darah adalah upaya anda untuk hidup sehat. Manfaat donor darah bagi kesehatan karena donor darah dapat menurunkan berat badan, melindungi jantung, meningkatkan sel darah merah, mencegah stroke, meningkatkan kesehatan psikologis, memperbarui sel darah merah baru, menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah, pikiran menjadi lebih stabil dan menurunkan kolesterol.

Kamis, 9 Maret 2017 bertempat di Gedung Geothermal Fakultas Lt. 1 Sains dan Matematika UNDIP diselenggarakan kegiatan pemeriksaan kesehatan yang mencakup glukosa darah, konsultasi gizi dan pemeriksaan tekanan darah yang bertujuan untuk menyediakan pelayanan kesehatan gratis bagi mahasiswa dan dosen FSM UNDIP sedangkan tujuan diadakan donor darah untuk meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa dalam mendonorkan darah guna membantu sesama.

  

Mengingat betapa pentingnya hal tersebut diatas maka perlu dilakukan upaya suatu kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan seluruh mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika (FSM) serta dosen FSM untuk ikut berpartisipasi melalui kegiatan donor darah, pemeriksaan glukosa darah, tekanan darah dan konsultasi gizi. Keinginan serta partisipasi yang besar itulah yang mendorong pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika UNDIP (BEM FSM UNDIP) bekerjasama dengan HIMA divisi Pengabdian Masyarakat Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang untuk mempererat kerjasama kepada institusi perguruan tinggi lainnya. (HIMA_TLM)

  • TUJUAN 
  1. Menyediakan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan glukosa darah, pemeriksaan tekanan darah dan konsultasi gizi.
  2. Meningkatkan rasa kepeduliaan mahasiswa untuk membantu sesama melalui kegiatan donor darah.
  3. Mempererat jalinan kerjasama kepada institusi perguruan tinggi lainnya.
  • MANFAAT
  1. Mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dibangku perkuliahan serta mengasah ketrampilan mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan dalam pemeriksaan glukosa darah dan pemeriksaan tekanan darah.
  2. Meningkatkan eksistensi Jurusan Analis Kesehatan dengan Perguruan Tinggi lainnya.
  3. Mengetahui variasi kadar gula darah dan kondisi kesehatan mahasiswa UKM.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *