Pembukaan Pelatihan Laboratorium Mikroskopis TB Strategi DOTS Bagi Lulusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang

CSC_0233

(24/7/2017) Pembukaan Pelatihan TB dihadiri oleh Kepala Sub Bag ADAK (Anton Kristijono, SKM., M.Kes.), Ketua DPW PATELKI Jateng (Budi Santoso, M.Si. Med.), Sekretaris PATELKI Prov. Jateng (Bernadet Pipih Hayura, Amd. AK), Pelaksana Laboratorium Kesehatan Penyelia BALKESMAS Semarang (Nur Jani, S.Tr. A.K), Fasilitator Balai Labarotorium Kesehatan Prov. Jateng (Yudar Hardjaningsih, Amd)

(Kampus III, Semarang) Pemeriksaan dahak secara mikroskopis langsung yang bermutu merupakan komponen penting dalam penerapan strategi tersebut baik untuk menegakkan diagnosis maupun follow up pasien. Selain itu hasil pemeriksaan dahak yang bermutu merupakan hal yang penting untuk menetapkan klasifikasi pasien sehingga mutu hasil pemeriksaan laboratorium merupakan inti keberhasilan Program Pengendalian TB.                                          IMG_3293  IMG_3325

Pemeriksaan Dahak Secara Mikroskopis

Pelatihan Pemeriksaan Mikroskopis TB bagi petugas laboratorium mempunyai sifat sebagai berikut:

  • Pelatihan ini berkaitan dengan fungsi Tim DOTS UPK sebagai penanggung jawab dan pelaksana dalam penerapan Strategi DOTS di UPK khususnya Lab TB
  • Materi pelatihan adalah materi yang berkaitan dengan pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk pemeriksaan mikroskopis TB dari pembuatan sediaan dahak, pemeriksaan mikroskopis, keamanan dan keselamatan kerja, pemantapan mutu laboratorium serta pencatatan dan pelaporan.
  • Pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan prinsip pembelajaran orang dewasa (andragogi) yang berupa kegiatan interaktif dan praktek laboratorium yang diikuti oleh setiap peserta latih dengan difasilitasi oleh fasilitator.
  • Pelatihan dilaksanakan berdasar azas manfaat artinya setelah menyelesaikan pelatihan peserta diharapkan dapat melakukan praktek pemeriksaan mikroskopis TB dengan baik dan benar.
  • Pelatihan ini juga merupakan suatu bagian dari sistem pengembangan sumber daya manusia sehingga dapat meningkatkan kinerja secara perorangan, tim maupun institusi, khususnya dalam pemeriksaan mikroskopis TB.
  • Pada akhir pelatihan peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa yang bersangkutan telah mengikuti pelatihan secara lengkap.

IMG_3306  IMG_3309 IMG_3330  IMG_3360

Proses Pembuatan Sediaan Dahak

DSC_0178  DSC_0180

Penilaian Sediaan Dahak yang Telah Selesai Dibuat Oleh Peserta Pelatihan

  • PERAN, FUNGSI DAN KOMPETENSI

Peran

Setelah menyelesaikan pelatihan Pemeriksaan Mikroskopis TB yang bersangkutan harus berperan sebagai penanggung jawab pemeriksaan mikroskopis TB di tempat dia bekerja.

Fungsi

Yang bersangkutan berfungsi sebagai pelaksana kegiatan pemeriksaan mikroskopis TB.

Kompetensi yang diharapkan

Kompetensi yang diharapkan adalah kemampuan dalam melaksanakan tugas sebagaimana tersebut dalam uraian fungsi. Untuk itu para peserta pelatihan mampu :

  1. Menjelaskan Kebijakan Program PengendalianTuberkulosis
  2. Menjelaskan Kebijakan Laboratorium TB
  3. Menerapkan prinsip-prinsip keamanan dan keselamatan kerja pemeriksaan mikroskopis TB
  4. Melakukan pengumpulan sediaan dahak TB
  5. Menggunakan dan merawat alat mikroskop
  6. Melakukan pemeriksaan  mikroskopis TB
  7. Melakukan pencatatan dan pelaporan hasil pemeriksaan dahak mikroskopis TB
  8. Melakukan prinsip-prinsip pemantapan mutu internal dan external laboratorium mikroskopis TB

DSC_0269

SY. Didik Widiyanto, SKM, M.Kes, Nur Jani, S.Tr. A.K dan Dra. Dwi Nur Setyaasih mendapatkan penghargaan sebagai fasilitator terfavorit dalam Pelatihan TB Strategi DOTS 2017, Penghargaan diberikan langsung oleh Pembantu Direktur II (Warijan, S.Pd., A.Kep., M.Kes.) yang turut hadir dalam acara Penutupan Pelatihan TB Strategi DOTS 2017 di Auditorium Kampus 3 Poltekkes Kemenkes Semarang

DSC_0273

Edy Sukiarko, SKM, MSi mendapatkan penghargaan sebagai Pengendali Diklat terfavorit Pelatihan TB Strategi DOTS 2017

DSC_0265

Peserta terbaik dalam Pelatihan TB Strategi DOTS 2017

Pelatihan Identifikasi TB  Strategi DOTS bagi Lulusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang terbagi dalam 3 paralel. Diselenggarakan pada tanggal 24 – 29 Juli 2017 untuk paralel 1, pada tanggal 31 Juli 2017 – 4 Agustus 2017 untuk paralel 2, sedangkan paralel 3 pada tanggal 7 – 11 Agustus 2017. Tempat pelatihan di Kampus 3 Jurusan DIII Analis Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jalan Wolter Monginsidi no.115, Pedurungan Semarang.

You may also like...